Rabu, 27 November 2013

KIAT MEMPERSIAPKAN SIDANG SARJANA (S1)



Di dunia perguruan tinggi, sidang sudah merupakan hal yang lazim. Salah satu sidang yang pasti akan dilalui oleh setiap mahasiswa adalah sidang sarjana yaitu sidang sebelum kelulusan. Sidang sarjana ini akan dijalani pada setiap jenjang mulai dari Strata 1 (S1) sampai dengan Strata 3 (S3). Sidang ini ikut andil dalam menentukan kelulusan. Bagi mahasiswa yang sedang berada di semester akhir biasanya akan mulai mempersiapkan menuju sidang.
Setiap mahasiswa tentu menginginkan sidang ini berjalan dengan lancar. Oleh karena itu perlu dilakukan persiapan sejak dini agar sidang tidak hanya berjalan sesuai dengan keinginan namun juga sidang berlangsung tepat pada waktu sesuai dengan rencana dan jadwal. Tak jarang kita mendengar mahasiswa yang berada di semester akhir mulai sibuk dalam mempersiapkan sidang bahkan ada yang sampai mengalami stress yang pada akhirnya sidang tidak terlaksana pada jadwal yang telah ditentukan.
Persiapan menuju sidang dibagi menjadi dua macam yaitu persiapan diri pribadi dan persiapan akademis.

1.    Persiapan Diri Pribadi
Persiapan ini harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum sidang. Persiapan ini mengarah kepada mental agar siap dalam menghadapi sidang seperti melatih cara berkomunikasi di depan forum. Hal ini dilakukan agar pada  saat sidang kita dapat berbicara dengan lancar dan dengan sikap yang baik.

2.    Persiapan Akademis
Persiapan ini berupa hal-hal yang menyangkut akademis yang harus diperhatikan sebelum sidang. Bagi anda yang mengambil studi di Universitas Gunadarma berikut ada beberapa hal akademis yang harus dipersiapan.
a.    Telah lulus kursus, mahasiswa harus telah mengambil minimal satu kursus yang diadakan oleh Lepkom Universitas Gunadarma dan lulus.
b.    Telah lulus workshop, mahasiswa harus telah mengambil minimal satu workshop yang diadakan oleh Lepkom Universitas Gunadarma dan lulus.
c.    Telah lulus sidang Penulisan Ilmiah (PI)
d.    Jumlah matakuliah dengan nilai D adalah 4, bila lebih dari 5 maka khendaknya segera melakukan tindakan untuk mengulang mengambil kelas agar tidak terburu-buru pada saat mendekati sidang.
e.    Telah menyelesaikan skripsi atau komprey. Bagi mahasiswa yang melalui jalur skripsi maka penulisan skripsinya harus sudah selesai dan bagi mahasiswa yang melalui jalur komprey maka harus sudah lulus sidang komprey.
f.     Telah menigkuti Aptitude yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
g.    Telah bebas perpustakaan, artinya mahasiswa telah menyumbangkan buku yang bermanfaat untuk perpustakaan Universitas Gunadarma

Demikianlah kiat-kiat yang harus dilakukan sebagai persiapan menuju sidang. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Gunadarma khususnya dan semua mahasiswa umumnya.

0 comments:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Hosting | Great HTML Templates from easytemplates.com.