Kamis, 27 Oktober 2011

Setiap New Media Mempunyai Nilai Jual Masing-Masing


Setiap New Media Mempunyai Nilai Jual Masing-Masing

Apa Itu New Media?

New Media adalah media baru yang biasanya berupa situs pada pada internet yang menjadi tren di kalangan pengguna internet. New Media dapat melambung biasanya disebabkan oleh kebutuhan pengguna internet itu sendiri. New Media dapat berupa situs mesin pencari (search engine), jejaring sosial atau yang lainnya.

Perkembangan New Media di Indonesia.

Pada awal era 2000an, sebenarnya sudah bermunculan situs-situs yang menjadi tren pada saat itu. Namun karena masih terbatasnya akses internet saat itu memaksa situs itu sendiri untuk melakukan banyak perubahan dan inovasi agar dapat menjadi sesuatu yang baru dan dibutuhkan oleh pengguna.

Namun, menjelang akhir dekade kemudian mulai muncul situs-situs baru terutama jejaring sosial yang dengan cepat bersaing untuk menjadi New Media.

Macam-macam New Media

New Media dapak dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain :

1.     Search Engine
Berupa situs mesin pencari seperti :

2.    Ensiklopedia
Berupa situs pengetahuan, biasanya mereka mempunyai pustaka sendiri, seperti www.wikipedia.com

3.    Social Networking
Berupa situs jejaring sosial seperti :

4.    Email
Berupa situs penyedia layanan E-Mail seperti :

5.    Blog
Berupa situs penyadia layanan blog seperti :

6.    Video
Berupa situs penyedia layanan video seperti www.youtube.com

7.    Imaging
Berupa situs penyedia layanan gambar atau foto seperti :

8.    Music
Berupa situs penyedia layanan musik seperti :

9.    News
Berupa situs penyedia layanan berita seperti :

10. Game Online
Berupa situs penyedia layanan game online seperti :

11.  File Sharing
Berupa situs penyedia layanan berbagi file baik itu data, audio, video dan lain sebagainya seperti :

12. Community
Berupa situs komunitas seperti www.kaskus.us

Kelebihan dan Kekurangan New Media

Karena banyaknya contoh New Media seperti yang tertulis di atas, maka di sini hanya lima New Media yang akan diulas, yaitu :

1.  Google

Situs yang beralamat lengkap di http://www.google.com ini mempunyai banyak sekali kelebihan, antara lain :
a.    Mempunyai search engine yang sudah dikenal sangat mumpuni dibandingkan dengan search engine yang lainnya, karena tampilan Google bersifat simpel dan ringkas sehingga memudahkan loading untuk pengguna koneksi internet dengan kecepatan sedang.
b.    Mempunyai banyak layanan lainnya antara lain :
-      Gmail
-      Google Talk
-      Maps
-      News
-      Translation
-      Book
-      Scholar
-      Blog
-      Calendar
-      Photo
-      Documents
-      Sites
-      Groups
Dan untuk mengakses ke semua layanan itu, kita cukup hanya dengan menggunakan akun email di Gmail saja.
c.    Bekerja sama dengan mengakuisisi situs New Media lain seperti Youtube sehinggan terintegrasi dengan pencarian video.

Google juga mempunyai kekurangan antara lain :
a.    Tampilan yang tidak banyak berubah dari dulu sehingga akan membosankan.
b.    Akun Gmail yang kalah polpuler karena ada akun Email dari rivalnya yang lebih dulu dikenal masyarakat.
c.    Akun Google Talk yang juga masih belum banyak dikenal orang banyak.

2.  Wikipedia

Wikipedia merupakan satu-satunya situs berbasis ensiklopedia yang dikenal hampir semua pengguna internet. Wikipedia juga sering dikenal sebagai ensiklopedia online.

Kelebihan Wikipedia :
Sekilas Wikipedia tampak seperti mesin pencari, tetapi jika diteliti lebih jauh akan terlihat berbeda, karena Wikipedia memiliki kelebihan antara lain :
a.    Koleksi artikel yang lebih lengkap dari berbagai macam kategori.
b.    Bisa diakses dengan lebih dari 250 bahasa.
c.    Sumber artikelnya berasal dari perpustakaan sendiri, berbeda dengan mesin pencari yang hanya memberikan tautan atau link.
d.    Mudah digunakan. Aplikasi yang berbasi elektronik dan tampilan muka yang ramah bagi pengguna membuat wikipedia mudah untuk digunakan.
e.    Mutakhir. Isi entri dari Wikipedia sangat mutakhir karena perkembangan terbaru di dunia ini dapat dengan cepat ditulis dan dimasukan ke dalam pangkalan data Wikipedia. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu sangat lama untuk memasukkan entri baru.
f.    Kesalahan cepat diperbaiki. Karena bersifat bebas dan terbuka, jika pengguna menemukan kesalahan atau kekurangakuratan informasi yang terdapat pada sebauh entri di wikipedia, pengguna terbut dapat memperbaikinya secepat mungkin. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perbaikan, karena perbaikan entri baru dapat dilakukan ketika cetak ulang. Akan tetapi, banyak pihak yang menuduh hal ini sebagai kekurangan dari wikipedia, yaitu cepat berubah.

Kekurangan Wikipedia :
a.    Kepengarangan yang tidak dikenal. Kepengarangan sangat menentukan sebuah informasi, karena anda pasti akan memilih tulisan yang ditulis oleh orang yang benar-benar ahlinya. Sedangkan wikipedia tidak memberikan keterangan penulis.
b.    Artikel yang sama jika ditampilkan dalam bahasa lain, kelengkapan entrinya akan berbeda.

3.  Twitter

Twitter adalah situs jejaring sosial yang paling poluler saat ini. Walaupun tergolong baru, tetapi ia sudah mampu menyita perhatian membernya lebih banyak dibanding rivalnya, Facebook. Hal ini juga disebabkan karena kebiasaan khususnya orang Indonesia yang kerap kali akan berpaling ke yang baru dan melupakan yang lama apalagi bila ditambah dengan kurangnya peningkatan atau monotonnya layanan dari Yang lama tersebut.

Kelebihannya :
a.    Jika ingin menambah teman cukup melakukan 'follow' dan tidak perlu disetujui oleh orang yang kita 'follow', tidak seperti di Facebook yang harus menunggu konfirmasi dari orang yang di add.
b.    Hubungan lebih pribadi. Karena saat kita membalas atau ‘mention’, maka yang bersangkutan akan langsung mendapatkan pemberitahuan.
c.    Lebih cepat diakses seperti messenger.

Kekurangannya :
a.    karekter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 180 karakter, jauh sangat sedikit dibanding Facebook yang mampu menampung 500 karakter.
b.    Lebih rumit karena kita harus menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.
c.    Foto Profil sangat kecil dan tidak bisa membuat Album Foto layaknya dalam Facebook.
d.    Biodata pribadi juga sangat sedikit dibanding Facebook yang menampung biodata yang lebih lengkap.
e.    Maksimum ukuran gambar untuk upload gambar dibatasi hanya 1MB. Tidak seperti di facebook yang mencapai 4MB.

4.  Youtube

Youtube merupakan satu-satunya situs penyedia layanan video yang populer saat ini walaupun kita masih juga masih bisa mengakses layanan video pada situs lainnya seperti situs-situs File Sharing.

Kelebihan Youtube :
a.    Bersifat seperti search engine, tetapi khusus untuk file-file video.
b.    Koleksi video yang lengkap dengan berbagai macam ukuran dan type.
c.    Bersifat bebas, siapapun bisa mengupload video, mengakses dan mendownloadnya (walupun akhir-akhir ini kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendownloadnya).
d.    Akun yang terintegrasi dengan Google (setelah diakuisisi oleh Google).

Kekurangan Youtube :
a.    Kurang cocok untuk pengguna internet dengan kecepatan lambat, karena Youtube berbasis video streaming. Hal ini akan mengakibatkan seringnya terjadi buffering sehingga membosankan pengguna.
b.    Tingkat akurasi yang kurang. Video yang kita inginkan kadang berbeda dengan yang ditampilkan. Karena sistem pencarian video hanya berpatokan pada judul filenya bukan sample videonya. Berbeda dengan pencarian yang artikel yang dengan mudahnya kita mencocokkan dengan menulis kata kunci.

5.  Zynga

Zynga merupakan salah-satu situs game online yang sedang naik daun saat ini. Zynga adalah pembuat permaianan jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Pincus, Michael Luxton, Eric Schiermeyer, Justin Waldron, Andrew Trader, dan Steve Schoettler.

Kelebihan Zynga :
a.    Terintegrasi dengan situs jejaring sosial Facebook, sehingga memungkinkan pengguna tidak harus log-in melalui websitenya, tetapi bisa langsung dari Facebook.
b.    Mempunyai sekitar 34 permainan, diantaranya yang polpuler adalah Mafia Wars, FarmVille dan Live Poker. Hal ini memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk memilih jenis permainan mana yang cocok dan menarik.
c.    Ornamen-ornamen yang mengikuti musim, seperti Tahun Baru, Valentine, April Mop, Gong Xi Fat Chai, Halloween dan Natal.
d.    Dapat berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai negara dengan tujuan yang sama yaitu Game. Dengan begitu secara tidak langsung kita juga dapat menambah jaringan dan relasi baru.

Kekurangan Zynga :
a.    Mudah dan banyak sekali ditemukan cheat-nya.
b.    Bisa diakses oleh lebih dari dua Akun dengan orang yang sama.





0 comments:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Hosting | Great HTML Templates from easytemplates.com.