Jumat, 30 September 2011

Facebook Sebagai Tolak Ukur Status Sosial Remaja

Facebook Sebagai Tolak Ukur Status Sosial Remaja
Apa Itu Facebook?
Meski dewasa ini hampir semua orang mempunyai akun Facebook, namun jika disodori pertanyaan “Apa itu Facebook?”, sejenak mungkin kita akan bingung untuk menjawabnya.
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Facebook diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011.
Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya.
Facebook dapat diakses melalui url www.facebook.com
Apakah Saja Manfaat Facebook?
Terkadang kita tidak sadar bahwa kita telah terbuai ketika kita sedang ‘bermain’ Facebook, yang tidak jarang menyebabkan kita lupa waktu dan mengabaikan pekerjaan kita lainnya yang lebih penting.
Namun di luar itu Facebook juga memiliki manfaat diantaranya:
1.    Menjalin silaturohim kepada teman-teman kita yang sudah lama terpisah seperti teman sekolah, teman kuliah atau rekan kerja di kantor sebelumnya.
2.    Sebagai media pertukaran informasi yang cepat karena Facebook diakses oleh jutaan pengguna aktif setiap harinya.
3.    Sebagai wadah kreatifitas karena Facebook menyediakan banyak sekali aplikasi yang dapat kita coba dan kembangkan.

Dan masih banyak manfaat lainnya.
Apa Saja Yang Terdapat Dalam Facebook?
Ketika kita membuka www.facebook.com maka akan tampil halaman muka yang berisi form pendaftaran yang mana pendaftaran ini diberikan secara gratis sampai kapanpun.
Setelah sign-in maka akan tampil halaman facebook yang berisi berbagai macam komponen yaitu tool-tool yang berisi perintah yang sudah terhubung sesuai dengan nama komponen tersebut, diantaranya:
1.    Home
2.    Profil
3.    Notifikasi
4.    Teman
5.    Pesan
6.    Info
7.    Foto
8.    Catatan
9.    Setting
10. Log Out
Selain itu yang menarik dari Facebook adalah banyaknya aplikasi-aplikasi kreatif seperti:
1.    Game Online
2.    Chatting
3.    Group
4.    Page
5.    Event
Apa Pandangan Remaja Terhadap Facebook?
Awalnya Facebook hanya diakses oleh kalangan tertentu saja karena Facebook hanya dapat diakses melalui PC atau Laptop. Namun seiring kemajuan dunia Informatika dan tuntutan kebutuhan pengguna, Facebook akhirnya dapat diakses melalui media bergerak seperti telepon genggam maupun komputer tablet.
Saat ini khusunya para remaja pasti sudah memiliki akun di Facebook, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu akun. Facebook telah menjadi tren di dunia remaja. Seakan-akan Facebook menjadi tolak ukur apakah seorang remaja dapat dikatakan gaul atau ketinggalan zaman.
Mungkin dahulu jika mereka berkenalan dengan satu sama lain, mereka hanya bertukaran no telepon atau alamat email saja, namun saat ini Akun Facebook telah menjadi ikon yang dapat dikatakan wajib untuk disebarkan.


sumber :
 http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook , http://masgardha.wordpress.com/2011/09/09/beberapa-manfaat-facebook/ , http://www.panduankomputer.com/file/macam+macam+komponen+facebook.html , http://digilib.undip.ac.id/content/view/150/80/

0 comments:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Hosting | Great HTML Templates from easytemplates.com.