Jumat, 24 Juni 2011

Belajar Tanggung Jawab dari Hidup Mandiri

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan dimana seseorang  wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga, bertanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia terhadap tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Mandiri adalah keadaan dimana seseorang mampu untuk melakukan sesuatu dengan sendiri. Hidup mandiri berarti mampu menjalankan aktivitas ataupun kegiatan kehidupan sehari-hari dengan sendiri.

Tanggung jawab dan hidup mandiri mempunyai hubungan yang saling berkaitan. Kebiasaan hidup mandiri dapat mengajarkan pembentukan sikap tanggung jawab. Untuk lebih memahami makna tersebut dapat kita serap dari pengalaman kita pribadi sehari-hari. Sebagai contoh, saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya sendiri.

Sudah menjadi tradisi dalam keluarga kami setelah lulus SD, maka kami sebagai anak-anak akan merantau ke kota untuk mendapatkan pendidikan tingkat menengah dan lanjut yang lebih baik.  Masa itu tiba, saya harus pisah dari orang tua dan tinggal bersama kakak sepupu saya di sebuah rumah kontrakan yang tak jauh dari SMP saya. Mulai saat itu saya belajar mandiri, mulai dari mencuci dan menyetrika pakaian sendiri, membersihkan rumah dan membantu kakak sepupu saya memasak.

Awalnya orang tua saya menitipkan uang transport dan jajan saya sehari-hari kepada kakak sepupu saya setiap minggu, namun lama-lama saya mulai belajar memegang uang sendiri. Hal itu membuat saya menjadi terpacu untuk belajar lebih mandiri dan bertanggung jawab, dimana saya harus mulai bisa mengatur keuangan untuk keperluan mana yang mendesak dan mana yang harus disisihkan untuk ditabung.

Tiga tahun berlalu, saya lulus SMP dan kakak sepupu saya pun lulus SMA dan ia harus merantau ke ibukota untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Persis saat itu juga adik saya lulus SD dan saatnya ia juga merantau untuk melanjutkan ke SMP. Saat itu saya harus menggantikan peran kakak sepupu saya dan saya juga akhirnya mengajarkan semua yang saya dapatkan kepada adik saya.

Tanggung jawab yang saya pikul selama tiga tahun bukanlah hal yang mudah. Dimana saya harus menjaga kepercayaan orang tua, untuk mendidik dan mengawasi adik saya.

Dari cerita tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa belajar hidup mandiri secara tidak langsung juga akan membuat kita belajar bertanggung jawab.


Tulisan ini juga diterbitkan di wartawarga.gunadarma

0 comments:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Hosting | Great HTML Templates from easytemplates.com.