Soal dan Jawaban
MINGGU I
MINGGU II
SOAL :
PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR DARI SOAL BERIKUT INI.
1. Mata kuliah pengantar ilmu sosial bersifat :
A. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu sosial
B. memberi arahan penekanan secara global dan tidak mendalam
C. memberi arahan penekanan pada subyek oriented menuju specialisasi
D. memberi penekanan mataeri ilmu sosial secara terperinci
2. Ilmu sosial dasar adalah :
A. ilmu yang membahan mengenai masalaha sosial dalam kehidupan masyarakat
B. ilmu yang memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral
C. tujuan pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi
D. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahian
3. Latar belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari :
A. anggapan bahwa sistem pendidikan kita hanya mementingkan sosial science
B. kritik terhadap sistem pendidikan kita oleh sejumlah cendikiawan
C. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau kolonial
D. A, B dan C benar
4. Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah :
A. personal
B. akademis
C. likwidasi
D. profesional
5. Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, maksudnya adalah :
A. para tenaga ahli diharapkan mempunyai pandangan yang luas
B. peka terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia
C. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesi
D. A, B dan C benar
6. ISD termasuk program pendidikan umu ( MKDU ) , tujuan dari MKDU adalah untuk :
A. memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para mahasiswa sehingga tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian golongan asal masing-masing
B. memberi pemahaman kepada mahasiswa sebagai layaknya mata kuliah lain yang diberikan
C. mengantarkan mahasiswa agar menjauhi masalah-masalah social
D. A, B dan C benar
7. Salah satu definisi ISD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD itu bersifat :
A. subject-oriented
B. object-oriented
C. problem-oriented
D. humanties
8. Ilmu pengetahuan sosial ( IPS ) merupakan :
A. ilmu yang mempelajari manusia dan interaksinya
B. bidang studi yagn merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial
C. suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi
D. A, B dan C benar
9. Filsafat merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu filsafat adalah mempersoalkan :
A. asal-usul ilmu pengetahuan
B. hidup dan kehidupan manusia didunia
C. rasa ingin tahu manusia mengenai dunia
D. pencabangan ilmu pengetahuan
E. penelaahan alam sekitar dan perkembangannya
10. Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi dituntut kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari kemampuan :
A. personal
B. profesonal
C. akademik
D. manajerial
E. vokasional
11. Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang tidak terbatas pada bidang keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar :
A. memiliki keahlian beragam menghadapi persaingan dunia kerja
B. menyadari posisinya sebagai calon pemimpin masa depan
C. peka,terbuka, dan ada rasa tanggungjawab terhadap masalah sekitar
D. selalu mengikuti perkembangan masalah – masalah masyarakat
E. memiliki kemampuan tinggi dalam profesinya
12. ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam hal orientasi atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah :
A. isd berorientasi materi, pengetahuna sosial berorientasi multidisiplin
B. isd berorientasi materi, pengetahuan sosial berorientasi inter disiplin
C. isd berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial berorientasi praktis
D. isd berorientasi inter disiplim, pengetahuan sosial berorientasi materi
E. isd berorientasi praktis, pengetahuan sosial berorientasi materi
JAWABAN :
1. A
2. D
3. C
4. C
5. C
6. A
7. C
8. B
9. B
10. A
11. C
12. D
MINGGU II
SOAL :
PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR DARI SOAL BERIKUT INI.
1. Dalam gerak penduduk, maka yang termasuk dalam gerak penduduk harian adalah :
A. transmigrasi
B. sirkulasi
C. emigrasi
D. urbanisasi
2. Penduduk didefinisikan sebagai :
A. sejumlah manusia yang mendiami suatu taempat tertentu dalam jangka waktu tertentu
B. sejumlah mahluk hidup yang hidup benrsama dalam suatu tempat tinggal dan
C. mempunyai ciri khusus
D. sekelompok mahluk hidup yang terdiri atas sejumlah kelompok yang berbeda
E. A, B dan C benar
3. Kebijaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh negara-negara yang sedang berkembang pada umumnya adalah :
A. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
B. melaksanakan urbanisasi
C. menghapus kemelaratan
D. pembangunan di segala bidang
4. Ciri utama mahluk sebagai insan sosial yang berkelompok adalah :
A. pola hidup kita sepenuhnya ditentukan oleh kelompok
B. mampu menentukan corak warna kelompok, dimana kita hidup
C. menentukan kepentingan kelompok atas segala-galanya
D. adanya ketergantungan antara yang satu dengan yang lain
5. Kelahiran dan kematian merupakan contoh dari unsur kependudukan. Faktor dasar kependudukan ini mempunyai arti :
A. perubahan penduduk karena kelahiran dan kematian
B. unsur-unsur yang mengakibatkan cepatnya laju pertumbuhan
C. faktor-faktor yang mempengaruhi peruhan penduduk
D. bagian-bagian yang terkait erat dengan penduduk dan perkembangannya
E. pengklasifikasiannya penduduk menurut umur
6. Tinggi rendahnya tingkat kelahiran dihitung dari jumlah kelahiran per 1000 orang penduduk, misalnya 50 orang tiap 1000 per tahun. Tingkat kelahiran termasuk katagori sedang bila jumlah kelahiran :
A. kurang dari 20
B. 20 - 30
C. 31 – 40
D. 41 - 50
E. lebih dari 50
7. Tinggi rendahnya kematian dihitung dari jumlah kematian per 1000 penduduk tiap tahun, misalnya 10 orang pertahun. Tingkat kematian penduduk suatu negara termasuk kategori tinggi bila :
A. lebih dari 9
B. lebih dari 14
C. lebih dari 19
D. lebih dari 24
E. lebih dari 29
8. Pertambahan penduduk alami adalah pertambahan penduduk :
A. yang terjadi karena kelahiran
B. dengan menghitung jumlah bayi lahir hidup
C. yang ditentukan oleh kondisi alam tempat bermukim
D. yang memperhitungkan perpindahan penduduk antar negara
E. yang terjadi dari selisih jumlah kelahiran dan kematian
9. Kadang-kadang terjadi perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain. Salah satu perpindahan itu disebut migrasi. Perpindahan penduduk disebut migrasi apabila :
A. di tempat baru ia menetap relatif cukup lama
B. perpindahan itu dimaksud untuk mencari mata pencaharian
C. ditempat baru ia memiliki tempat tinggal
D. perpindahan itu terjadi antar wilayah negara
E. perpindahan itu disertai anggota keluarga
10. Masalah kependudukan adalah masalah yang bersegi banyak. Sumber masalah penduduk adalah akibat dari :
A. perbedaan kebutuhan dan kepentingan masing-masing wilayah
B. adanya pertumbuhan penduduk
C. adanya perbedaan kondisi antar wilayah
D. penyebaran penduduk yang tidak merata
E. kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan
11. Pendapat Leslie yang disitat oleh Parsudi tentang pengertian masalah sosial adalah :
A. suatu kondisi yang mempengaruhi kehidupan sebagian esar masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan / tidak disukai sehingga dirasa perlu untuk diatasi
B. suatu keadaan yang tidak mempunyai pengaruh terhadap kehidupan warga masayrakat sehingga tidak perlu diatasi
C. suatu kondisi dimana pengaruh kehidupan sebagian besar masyarakat sebagai sesuatu yang tidak disukai
D. A, B dan C benar
12. Kebudayaan penting peranannya dan dapat dilihat sebagai mekanisme kontrol bagi tindakan-tindakan sosial manusia. Tapi bukan berarti bahwa setiap pengembangan kebudayaan dalam masyarakat harus semuanya diterima. Hal ini dikarenakan :
A. Berkenaan dengan istem penggolongan
B. Berkenaan dengan nilai-nilai moral
C. Berkenaan dengan berbagai hal lain yang diperlukan hidupnya
D. A, B dan C salah
JAWABAN :
1. D
2. A
3. A
4. D
5. B
6. B
7. C
8. D
9. A
10. A
11. A
12. D
MINGGU III
INDIVIDU KELUARGA DAN MASYARAKAT
SOAL :
JAWABLAH DENGAN MEMILIH :
A. Jika pernyataan 1 dan pernyataan 2 benar
B. Jika pernyataan 1 benar, pernyataan 2 salah
C. Jika pernyataan 1 salah, pernyataan 2 benar
D. Jika pernyataan 1 dan pernyataan 2 salah
No. 1
1. Menurut pendirian nativistik, bahwa pertumbuhan individu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir.
2. Pendapat para penganut empiristik berpendapat bahwa pertumbuhan individu semata-mata tidak bergantung pada lingkungan sedang dasar berperan penting.
No. 2
1. Tahap pertumbuhan individu dari 0 - kira-kira 2 tahun dinamakan masa estetik.
2. Tahap pertumbuhan individu dari 2 tahun sampai 7 tahun disebut masa vital.
No. 3
1. Sifat khas pada anak masa intelektual antara lain adalah adanya kecenderungan memuji diri sendiri.
2. Adanya minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit juga merupakan sifat khas pada anak masa intelektual.
No. 4
1. Keluaraga adalah unit terkecil yang sekaligus merupakan suatau kelompok kecil dalam masyrakat.
2. Perkawinan keluarga silang dapat terjadi pada keluarga yang memiliki kekerabatan kuat, maka menghindari marga yang hilang harus dilakukan perkawinan silang.
No. 5
1. Fungsi biologis yaitu keluarga merupakan tempat untuk melindungi para anggota keluarga dari kepanasan, atau penyakit.
2. Pendidikan agama bagi anggota keluarga semata-mata bersumber dari lingkungan masyarakat.
No. 6
1. Elite dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa har menyerupai crowed, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain.
2. Dalam pengertian yang umum elite menunjukkan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi.
No. 7
1. Dalam arti yang khusus elite diartikan sekelompok pemuda yang ahli dibidang tertentu dan khususnya golongan masyarakat yang memegang kekuasaan.
2. Tipe masyarakat dan sifat kebudayaan tidak menentukan watak elite.
No. 8
1. Ada dua kecenderungan yang digunakan untuk menentukan elite dalam masyarakat yaitu menitik beratkan pada fuangsi sosial dan yamg kedua pertimbangan-pertimbangan yang bersifat moral.
2. Kedua kecenderungan itu melahirkan dua macam elite yaitu elite eksternal dan elite internal.
No. 9
1. Elite internal yaitu menyangkut integrasi moral serta solidaritas yang berhubungan dengan perasaan tertentu pada saat tertentu.
2. Elite eksternal adalah meliputi pencapaian tujuan dan adaptasi, berhubungan dengan problem-problem yang memperlihatkan sifat yang keras.
No. 10
1. Istilah massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental berbeda denganya dalam hal-hal yang lain.
2. Peranan individu-individu di dalam massa tidak penting. Kenyataannya massa adalah bukan terdiri dari individu .
No. 11
1. Kebiasaan, misalnya jika heandak pergi berpamitan kepada orang tua, saling bertanya dan menyapa teman.
2. Jika kebiasaan dilanggar akan dihukum berat dan dicambuk.
No. 12
1. Sifat monopoli dalam suatu negara yaitu semua peraturan dan perundang-undangan mengenai semua orang tanpa terkecuali.
2. Negara syah menggunakan kaekerasan fisik pada warga negara yang melanggar jika situasi terpaksa.
No. 13
1. Sikap tunduk pada peratauran, permainan yang tradisional biasanya ada pada masa usia intelektual seorang anak.
2. Tidak mau diperintah dan merasa semua orang disekitarnya merasa sayang pada dirinya adalah masa sosial.
UNTUK SOAL-SOAL BERIKUT PILIHLAH JAWABAN A, B C ATAU D YANG PALING TEPAT.
14. Menurut A Lysen, individu berasal dari bahasa latin individuum. Pengertian individu adalah :
A. manusia sebagai bagian masyarakat
B. manusia sebagai satu kesatuan yang terbatas
C. manusia sebagai bagian dari keseluruhan
D. manusia sebagai inti terbentuknya keluarga
15. Setiap individu pasti akan mengalami perubahan tahap demi tahap yang sering disebut dengan pertumbuhan. Pengertian pertumbuhan individu adalah :
A. pertumbuhan fisik yang menunjukkan kedewasaan
B. proses pertumbuhan menuju lebih dewasa
C. peningkatan kemampuan menyesuaikan diri dengan kondisi sekitar
D. perubahan psikologis yang bersifat alami
16. Aliran psikologi gestald adalah salah satu aliran yang menyoroti pertumbuhan individu, menurut pendapat aliran ini :
A. bagian-bagian merupakan sesuatu yang utama
B. sensasi dan refleksi membentuk pengertian pertumbuhan
C. pertumbuhan merupakan proses sosialisasi
D. pertumbuhan merupakan proses alami
17. Aliran asosiasi yang merupakan salah atu aliran yang menyoroti peratumbuhan, berpendapat bahwa :
A. dalam pertumbuhan yang primer adalah bagian-bagian
B. yang primer adalah keseluruhan
C. pertumbuhan merupakan suatu proses diferensiasi
D. pertumbuhan merupakan proses yang perubahanperlahan-lahan
18. Salah satu pendirian yang menyoroti pertumbuhan individu menyatakan bahwa pertumbuhan individu dipengaruhi oleh faktor-faktor (1)dasar-dasar sejak lahir (2) faktor lingkungan (3) faktor kematangan. Hal ini dikemukakan oleh :
A. nativistik
B. empiristik
C. environmentalistik
D. interaksionisme
19. Dalam salah satu tahap pertumbuhannya seseorang memiliki perkembangan utama menyangkut pancaindranya, disamping munculnya sifat sifat seperti timbulnya kenakalan, kesadaran tentang “aku” nya dan keinginan untuk mengalami sesuatu. Hal yang dikemukakan ini merupakan gejala yang berada pada :
A. masa vital
B. masa estetik
C. masa intelektual
D. masa pra remaja
JAWABAN :
1. B
2. D
1. B
2. D
3. A
4. B
5. C
6. C
7. D
8. A
9. A
10. B
11. B
12. C
13. C
14. B
15. B
16. D
17. C
18. B
19. D
MINGGU IV
MINGGU IV
SOAL :
PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR DARI SOAL BERIKUT INI.
1. Pemuda biasanya ataermasuk dalam satu generasi, sedang gaenerasi itu sendiri merupakan :
A. satu kelompok pemuda yang berasal dari satu periode yang sama
B. mereka yang lahir pada masa yang bersamaan
C. satu kaelompok manusia yang selalu bersenang-senang
D. konstruksi pikiran untuk menjelaskan fenomena kesejarahan
2. Wadah kaderisasi pemuda yang dibentuk pada tahun 1973 oleh pemerintah adalah :
A. AMPI
B. KNPI
C. KNIP
D. A, B dan C benar
3. Socialization adalah suatu proses :
A. anggota masyarakat yang baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dimana dia menjadi anggota
B. anggota masyarakat di dalam keluarga saling mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dimana mereka menjadi anggota
C. satu diantara anggota keluarga mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat di mana mereka menjadi anggota
D. A, B dan C benar
4. Kontak sosial dapat berlangsung dalam 3 bentuk antara lain :
A. antara suatu kelompok manusia dengan manusia lainnya
B. dua partai politik mengadakan kerja sama untuk mengalahkan patai politik yang ketiga dalam pemilu
C. dua perusahaan bengunan mengadakan / kontrak untuk membuat jalan raya, jembatan dan seterusnya disuatu wilayah yang baru dibuka
D. A, B dan C benar
5. Ada beberapa keadaan yang merupakan penghalang terhadap terjadinya suatu interaksi sosial, antara lain :
A. perbedaan pada masyarakat yang berkasta
B. adanya prasangka terhadap suatu ras tertentu
C. orang yang berlainan agama berada di suau tempat dimana penduduknya memeluk agama tertentu dengan kuatnya
D. A, B dan C benar
6. Bentuk-bentuk interaksi sosial dapat berupa :
A. kerjasama (co-operation)
B. persaingan ( competition)
C. pertentangan dan pertikaian (conflik)
D. A, B dan C benar
7. Giilan-Gillin mengadakan penggolongan yang lebih luas lagi tentang proses sosial yang timbul akibat adanya interaksi sosial, diantaranya adalah :
A. proses asosiatip (processes of association)
B. proses isolation
C. A dan B benar
D. A dan B salah
8. Proses asimilasi timbul bila ada :
A. orang perorang sebagai warga kelompok-kelompok saling bergaul secara langsung dan intensif untuk waktu yang lama
B. kebudayaan-kebudayaan dari kelompok manusia tersebut orang-orang berubah dan saling menyesuaikan
C. A dan B benar
D. A dan B salah
JAWABAN ADALAH A, JIKA PERNYATAAN 1 & 2 BENAR
JAWABAN ADALAH B, JIKA PERNYATAAN 1 BENAR, 2 SALAH
JAWABAN ADALAH C, JIKA PERNYATAAN 1 SALAH, 2 BENAR
JAWABAN ADALAH D, JIKA PERNYATAAN 1 & 2 SALAH
No. 9
1. Melalui proses sosialisasi seorang pemuda akan terwarnai cara berpikir dan kebisaan-kebiasaan hidupnya.
2. Proses sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui belajar dan menyesuaikan diri , bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompok agar dapat berperan dan berfungsi didalam kelompoknya.
No. 10
1. Dilihat dari segi biologis, pemuda adalah mereka yang berumur 12 – 25 tahun.
2. Dari segi ideologis politis yang dimaksud dengan pemuda adalah mereka yang berumum 17 -25 tahun.
JAWABAN :
1. D
2. B
3. A
4. D
5. D
6. D
7. A
8. C
9. A
10. D
0 comments:
Posting Komentar